WordPress Vs Blogger (Blogspot), Mana yang Menawarkan Pengalaman Terbaik?

wordpress-vs-blogger

WordPress dan Blogger adalah dua pilihan situs blogging paling popular saat ini dan sering dibandingkan, diuji, oleh beberapa blogger dan ahli teknologi di seluruh dunia. Jadi mana yang terbaik? Jawabannya tergantung pada preferensi personal masing-masing. Apakah kamu menginginkan pilihan self-hosting blog atau menggunakan layanan yang gratis? Keduanya menawarkan keuntungan yang sama-sama bisa dinikmati oleh para blogger, namun karena mereka adalah platform blog paling popular yang tersedia, tentu membawa pertanyaan besar: mana di antara mereka yang lebih baik?

Apa yang ditawarkan WordPres?

WordPress menyediakan solusi blogging untuk user yang berbayar dan mereka yang ingin ‘merumahkan’ blog di wordpress.com. WordPress menyediakan platform untuk mengunggah konten untuk dibagikan, disimpan, dan bahkan membantu user mendapatkan uang dari blog. Pilihan ini memungkinkanmu untuk memodifikasi desain dan theme blog, plugin, memori penyimpanan untuk konten media, kustom domain, dan fitur yang membuat blogmu bebas iklan yang muncul di halaman.

Kamu bisa mentransfer dara dari domain lain ke domain WordPress yang baru dengan biaya terjangkau. Kamu bisa menyambungkan konten ke situs media sosial dan membuat blogmu tidak hanya sekedar blog, bisa menjadi website utama. Selain kamu juga bisa upgrade versi untuk mendapatkan penawaran fitur yang lebih bermanfaat untuk blogger berpengalaman. WordPress juga sangat ramah dan mudah untuk mereka yang pemula.

Apa saja yang ditawarkan Blogger (Blogspot)?

Blogger adalah platform yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Kamu tidak harus membayar untuk menggunakan layanan ini. Kamu bisa mengupload konten dengan gratis dan bahkan mengambil informasi dari domain blog sebelumnya tanpa biaya sama sekali. Kamu bisa menambahkan konten media tanpa ada batasan penyimpanan. Konten yang ada di blog bisa diakses melalui mobile phone, aplikasi melalui smartphone dan iPhone, dan melalui email. Kamu bisa mengakses skema Google untuk iklan yang lebih mudah. Kamu bisa mengelola beberapa blog dengan akun atau link ke akun yang sudah ada sebelumnya. Blogger sekarang sudah sangat terintegrasi dengan jejaring sosial G+ dan kamu bisa menshare postinganmu pada fans dengan sangat cepat. Kamu tidak perlu mengcopy link karena untuk membagikannya kamu cukup klik tombol G+ yang tersedia.

Jadi,  yang mana yang sebaiknya digunakan untuk blogging?

Kamu bisa sign-up di WordPress dengan alamat email, nama URL, dan username. Sedangkan Blogger mengharuskanmu memiliki akun Google, sebenarnya jika kamu memiliki akun Gmail atau akun Youtube, kamu bisa menggunakan informasi yang sama untuk ini. Jika kamu tidak memiliki akun Google kamu harus mendaftar ketika akan menggunaka Blogger.

Ketika harus memposting artikel blog, beberapa berpendapat bahwa WordPress lebih mudah digunakan daripada Blogger. Dengan Blogger, kamu diharuskan melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan Google+. Beberapa orang mungkin tidak ingin menggunakan Google+ dan hal itu membuat akun Bloggermu memiliki detail profil yang terbatas.

Beberapa berpendapat bahwa Blogger menawarkan fitur-fitur yang sangat terbatas, tapi keamanannya lebih baik dari WordPress; hal itu berarti kemungkinan akunmu akan diretas lebih kecil. WordPress memiliki pilihan yang lebih baik untuk mereka yang sedang membangun bisnis. Sedangkan Blogger hanya menyediakan sedikit plugin yang mungkin tidak bisa membuat blog sebaik milik competitor. Plus, Blogger dimiliki oleh Google, bukan milikmu sepenuhnya, jadi jika kamu menggunakannya dengan tidak benar maka Google tak akan menghapus akunmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *