Ini Dia 5 Strategi Nama Domain Untuk Bisnis Kecil

domain_name_strategy

Tahukah Anda jika Anda tidak melakukan upaya apapun untuk melindungi merek atau mungkin nama bisnis, Anda bisa saja kehilangan hak merek dagang tersebut.

Itu berarti Anda tidak dapat mencegah orang lain yang menggunakan/mengambil keuntungan dari merek Anda.

Langkah pertama untuk melindungi merek Anda adalah dengan mendaftarkan merek dagang ke instansi terkait, sehingga Anda secara hukum dapat melindunginya. Langkah penting lainnya adalah dengan mengembangkan dan menerapkan strategi nama domain.

Apa itu strategi nama domain?

Tujuan dari strategi nama domain adalah untuk secara proaktif melindungi merek Anda secara online dengan meminimalisir kesempatan bagi orang lain untuk menggunakan nama merek Anda dalam aktivitas online mereka, khususnya pada URL website mereka.

Misalnya, Nike memiliki domain Nike.com. Bayangkan jika ada perusahaan lain yang menjual pakaian olahraga yang sama di Nikes.com atau Nike.biz. Bagaimana pengunjung tahu mana yang asli?

Pengunjung mungkin akan bertanya-tanya apakah situs tersebut milik Nike atau tidak. Hanya pembeli cerdas yang akan meluangkan waktu untuk melakukan penelitian untuk memastikannya.

Tentu saja, Nike ingin situs-situs yang membingungkan pengunjung dihapus, dan karena Nike adalah nama merek dagang maka perusahaan Nike berhak menuntut situs apa pun yang menggunakan nama merek dagang mereka.

Bisnis kecil dapat melakukan hal yang sama. Pertama, berikan labeli merek Anda. Kedua, terapkan strategi nama domain Anda. Ketiga, memantau merek online dan offline Anda, dan keempat, daftarkan merek dagang Anda ke instansi terkait, yaitu Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Strategi nama domain bisa sangat kompleks. Perusahaan besar dengan merek rumahan seperti Nike mungkin memiliki ratusan nama domain, tapi untuk bisnis kecil yang tidak memiliki anggaran untuk mendaftarkan setiap kombinasi dari nama merek, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah dasar untuk melindunginya.

Bagaimana mengembangkan strategi nama domain?

Berikut adalah lima langkah penting pertama yang harus Anda ambil untuk melindungi merek Anda dengan strategi nama domain untuk bisnis kecil:

1. Ekstensi umum

Cara sederhana untuk melindungi nama merek Anda adalah dengan mendaftarkan nama domain yang mengandung nama merek Anda dengan ekstensi yang paling umum termasuk, .com, .net, .org, .us, .info, dan .biz.

2. Salah ejaan dan variasi nama

Daftarkan juga nama domain yang mengandung merek Anda dengan kesalahan ejaan atau variasi nama menggunakan ekstensi yang paling umum seperti yang telah disebutkan pada poin 1 diatas.

Misalnya, jika merek perhiasan Anda adalah Snowcone, daftarkan snowcone.com dan snocone.com, snocone.net, snocone.biz, dan sebagainya.

3. Fonetik yang serupa

Ini juga penting untuk mendaftarkan nama domain yang fonetis (memiliki kesamaan bunyi) dengan nama merek Anda.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan dengan nama merek WearsLikeNew akan mendaftarkan WearsLikeNew.com dan WaresLikeNew.com menggunakan ekstensi yang umum.

Hal ini sangat penting untuk terutama untuk merek yang mengandung angka. Misalnya, merek seperti 4TheWin juga harus terdaftar sebagai ForTheWin.com dan FourTheWin.com menggunakan ekstensi umum.

4. Variasi plural dan singular

Jika merek Anda adalah singular, daftarkan versi plural sebagai nama domain juga. Jika merek Anda plural, amankan nama domain singular juga.

Misalnya, InnovationToProfits.com juga terdaftar sebagai InnovationsToProfit.com. Variasi ini harus diamankan untuk setiap ekstensi umum.

5. Variasi yang ditulis dengan tanda hubung

Langkah terakhir dalam strategi nama domain yang paling dasar adalah mendaftarkan versi nama dengan tanda hubung dari merek Anda.

Misalnya, CircleLegal.com juga harus terdaftar sebagai Circle-Legal.com. Seperti dengan empat langkah di atas, lakukan ini untuk setiap ekstensi umum.

Jangan menempatkan bisnis dan merek Anda dalam risiko. Sebaliknya, mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk secara proaktif melindungi merek Anda mulai dari sekarang. Percayalah, Anda akan menghemat banyak uang dan waktu dengan melakukan dengan cara yang benar saat ini daripada mencoba untuk menyelesaikan kekacauan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *