Facebook Live Video: Panduan Lengkap Live-Streaming untuk Bisnis

flive

Banyak tren telah datang dan kehilangan momentumnya dalam beberapa waktu, namun popularitas Live Video telah bertahan. Hidup kembali melalui teknologi baru, sekarang telah bergerak ke kehidupan dunia video sosial.

Dan mana yang lebih baik untuk streaming siaran langsung Anda daripada jaringan sosial terbesar dari semuanya? Tidak ada jaringan sosial yang lebih digunakan banyak orang daripada Facebook. Media sosial yang besar memperkenalkan fitur video sendiri yang disebut Facebook Live pada akhir tahun 2015 dan keunggulannya adalah video streaming pada platform tumbuh dari sana.

Apa itu Facebook Live?

Facebook Live merupakan fungsi video streaming langsung jaringan sosial. Pengguna mendapatkan siaran Live Video hanya menggunakan smartphone mereka. Hal ini tersedia untuk semua Halaman dan profil di Facebook untuk iOS, Android, dan aplikasi Facebook Mentions. Selain itu, siaran langsung dapat dialirkan dalam kelompok dan acara Facebook.

Facebook menjelaskan daya tarik Live Video sebagai berikut: “Broadcast untuk penonton terbesar di dunia dengan kamera ponsel Anda.”

Ketika Live Video pertama kali diperkenalkan  pada bulan Agustus 2015, fitur ini terbatas untuk Facebook Mentions sebuah aplikasi yang tersedia untuk tokoh masyarakat seperti selebriti, atlet, musisi, politisi, dan pembawa pengaruh lain.

Kemudian pada bulan Desember 2015, Facebook mulai membuat fitur bagi masyarakat yang dilepaskan untuk subset kecil penggunanya di AS dan halaman diverifikasi, kemudian menyebar ke seluruh negeri pada akhir Januari 2016. Hal ini menjadi tersedia di luar AS pada akhir Februari 2016. Facebook telah memperkenalkan sejak sejumlah fitur Video Live.

Mengapa video langsung menjadi sebuah masalah besar bagi pemasar?

Sebelum kita mengetahui mengapa Live Video bermasalah, mari kita kembali sedikit. Untuk benar-benar memahami mengapa Live Video adalah masalah besar, Anda harus melihat hal menonjol yang terus meningkat dari video sosial.

Sementara video selalu menjadi populer online, dominasi media sosial dan munculnya semua penggunaan ponsel tetapi memastikan posisi video sosial sebagai penguasaan dari konten. Pengguna terus memproduksi dan menonton video pada tingkat yang lebih besar dari sebelumnya.

Apa yang Anda harus tahu tentang video sosial:

  • Satu—sepertiga dari semua aktivitas online yang dihabiskan adalah menonton video
  • Video streaming online akan tumbuh lebih dari 80 persen dari semua lalu lintas internet konsumen pada tahun 2020, menurut prediksi dari perusahaan teknologi Cisco
  • 92 persen konsumen video mobile berbagi video dengan orang lain, sesuai dengan konsultasi strategis dan perusahaan bisnis digital Insivia
  • 59 persen eksekutif lebih suka menonton video daripada membaca teks, menurut Forbes
  • Pada tahun 2015, orang dewasa di AS sedang menonton rata-rata satu jam dan 16 menit video pada perangkat digital setiap hari (dari 5,5 total jam dihabiskan untuk menonton konten video), menurut eMarketer—up secara signifikan dari hanya 21 menit menonton video pada perangkat digital pada tahun 2011
  • 26 persen dari orang yang tertarik menonton live-stream disiarkan oleh brand atau perusahaan.

Apa yang harus Anda ketahui tentang Facebook Video:

  • Video asli Facebook mendapatkan jangkauan yang lebih yaitu mereka dilihat oleh banyak pengguna, bahkan tanpa promosi daripada jenis konten lain (135 persen kekalahan lebih daripada foto)
  • Pengguna menonton 100 juta jam video di Facebook setiap hari
  • Facebook membual 8 miliar video yang dilihat setiap hari pada bulan November 2015 (terakhir kali platform yang dirilis nomor video)—jumlah ganda itu pada bulan April tahun yang sama

Melampaui popularitas video sosial pada umumnya, Live Video membawa manfaat tertentu.

Apa yang harus Anda tahu tentang Facebook Live:

  • Orang berkomentar lebih dari10 kali di Facebook Live Video dari pada video biasa.
  • Waktu rata-rata orang menghabiskan menonton Live Video lebih lama dari tiga kali dari video yang tidak hidup.
  • Satu dari lima pengguna Facebook menonton Facebook Live.

2

  • Orang-orang pada lebih dari 60 negara dapat berbagi Facebook Live Video
  • Lebih dari 50 persen orang menonton Live Video menggunakan perangkat Android.
  • Facebook telah banyak berinvestasi pada Live Video. Platform ini telah ditandatangani sebanyak 140 kontrak dengan perusahaan media dan selebriti untuk menghasilkan Live Video—termasuk orang-orang seperti dari New York Times, BuzzFeed, komedian Kevin Hart, dan koki Gordon Ramsay—membayar total $ 50 juta.
  • CEO Facebook Mark Zuckerberg didedikasikan untuk Live Video—selama bulan Februari 2016 balai kota bergaya Q & A, ia menggambarkan Live Video sebagai “salah satu hal yang saya paling minati”
  • Hal ini cepat—untuk final debat presiden 2016, sebuah studi oleh penyedia layanan media streaming Wowza menemukan bahwa Facebook live-streaming memiliki latenci terendah, mengalahkan satelit dan kabel untuk beberapa penonton dan memberikan aliran tersebut pada rata-rata keterlambatan 13 detik (serendah tujuh detik untuk beberapa penonton)
  • Wanita Texas Candace Payne saat ini memegang rekor untuk yang paling banyak ditonton—Facebook Live Video. Klip yang menampilkan Payne mengenakan topeng Chewbacca dan tertawa, telah ditonton lebih dari 160 juta kali. Hal ini adalah salah satu video viral yang paling cepat berkembang dalam sejarah, memukul 100 juta views hanya dalam tiga hari.
  • Rekor sebelumnya dipegang oleh BuzzFeed ini meledaknya watermelon Video, yang mengumpulkan lebih dari 800.000 penonton simultan sementara itu live streaming dan sejak disiksa naik sampai grand total dilihat lebih dari 10 juta–#watermelon bahkan berakhir tren di Twitter

Dan tentu saja, ketika datang kepada yang paling penting dari elemen pemasaran Facebook, Live Video bisa menjadi bantuan besar.

Facebook menganggap Live Video sebuah jenis konten yang berbeda dari video lainnya pada platform. Perbedaan ini penting untuk brand karena itu berarti bahwa algoritma Facebook memperlakukan video yang asli dan Live Video secara berbeda, dengan Live Video lebih mungkin untuk munculkan lebih tinggi di News Feed sementara mereka telah hidup. Setelah siaran, video masih dapat ditemukan dan dilihat, tetapi setelah itu tidak lagi hidup, Facebook akan memperlakukannya seperti video lainnya.

Facebook Live Video juga memiliki sistem pemberitahuan sendiri. Jaringan menjelaskan bahwa ketika seseorang pergi Live: “Orang-orang yang sering terlibat dengan atau baru-baru ini berinteraksi dengan seseorang atau Halaman akan Hidup mungkin menerima pemberitahuan”.  Fitur ini memberikan keunggulan yang lebih besar untuk Live Video dan membantu menjaga brand yang disiarkan pikiran utama.

Dan jangan lupa harapan untuk Live video. Sementara penonton berharap video sosial harus dipoles, penonton sering menikmatinya berlawanan  pada Live video. Nilai produksi cenderung kurang profesional dan lebih baku, yang banyak penontonnya menganggap lebih otentik, suatu sifat yang peningkatan jumlah konsumen cari dalam brand. Dengan kata lain, ada banyak alasan yang baik untuk mencobaFacebook Live Video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *