Begini Ukuran Foto Profill Twitter yang Benar!

Twitter_Egg

Setiap akun media sosial membutuhkan foto profil, dan begitu juga Twitter. Beberapa ada yang senang mengganti foto profil beberapa kali, ada yang menyesuaikan mood, ada juga yang sesuai momen hidupnya. Foto profil pastinya dapat memengaruhi imej keseluruhan dari profil kita, tak peduli sebagus apa kualitas informasi yang kita bagikan dalam jejaring tersebut, kesan pertama akan selalu tentang visual karena foto mampu ‘berbicara’ lebih dari sekedar kata-kata.

Untuk itu kamu perlu untuk membuat ukuran gambar yang sesuai atau minimal mengedit foto-foto yang sudah kamu miliki karena memasang foto profil apapun di Twitter akan jauh lebih baik daripada gambar default telur.

Dimensi Profil Twitter yang Optimal

Sesungguhnya Twitter selalu mengganti ketentuan ini terus menerus dan informasi yang beredar di website tidak akurat. Satu hal yang tidak diubah oleh Twitter adalah shape dari foto profil, yaitu square. Oleh karena itu jika kamu memasang foto Twitter yang memiliki format gambar bukan square, akan selalu di crop otomatis menjadi gambar square small—format yang digunakan Twitter untuk itu kamu bisa menggunakan panduan dimensi di bawah ini agar mengetahui seperti apa foto profilmu akan ditampilkan.

  • 500 x 500 pixels– ini adalah dimensi foto terbesar yang akan muncul dalam profilmu. Namun jika kamu mengunggah gambar yang lebih kecil dari 500 x 500, maka akan muncul sesuai dengan ukuran tersebut dan tidak akan di stretch agar lebih besar. Kamu akan melihat foto dengan ukuran sebesar ini pada saat pengguna web mengklik foto profilmu. Sesuai dengan browser yang digunakan, ada yang akan ditampilkan dalam ukuran full size blank window, atau pop up langsung di halaman tersebut.
  • 73 x 73 pixels –ini adalah ukuran terbesar kedua yang akan ditampilkan untuk foto profil Twitter, biasanya ukuran ini akan muncul di foto profilmu di atas bio.
  • 48 x 48 pixels– Ini adalah dimensi di mana foto profilmu akan paling sering terlihat dalam timeline. Kapanpun kamu posting Tweet, foto profil yang muncul di sebelah Tweetmu akan ada pada dimensi ini.
  • 31 x 31 pixels –Sedangkan ukuran ini adalah ukuran paling kecil dari foto profilmu dan hanya bisa dilihat oleh kamu sendiri. Versi mini dari foto profil ini hanya muncul di layar “Home”.

Tips untuk Mengoptimalkan Foto Profil

  1. Mulai dengan foto dengan kualitas terbaik. Karena Twitter akan memunculkan gambarmu dalam berbagai ukuran maka sebaiknya mulai dari ukuran yang paling besar yaitu ukuran 500 x 500 pixels.
  2. Optimasi untuk web image. Jika kamu tidak melakukannya, Twitter akan mengurangi ukuran file fotomu dengan menurunkan kualitasnya menjadi 72 pixels per inch sebagai standar untuk web image.
  3. Buat fotomu dalam format square. Twitter akan memintamu untuk mengcrop gambar menjadi format square, jika kamu menggunakan gambar yang lebih cocok untuk format landscape, maka sebaiknya pilih foto yang baru.
  1. Pilih foto yang fokus pada wajahmu.Setelah kamu memilih foto dengan kualitas baik, pastikan wajahmu tepat berada di tengah dan fokus karena objek lain akan mengganggu.
  2. Optimas foto Twitter juga memiliki header image, di mana akan muncul langsung di belakang foto profilmu. Ukuran yang diminta adalah 1252 x 626. Kamu juga bisa mengunggah foto background jika mau, ada banyak template yang bisa dipilih.

Pentingnya memasang foto profil

Ketika kamu login di Twitter, kamu tidak akan melihat banyak gambar seperti dalam Facebook dan Pinterest. Namun itu adalah kekuatan dari Twitter di mana pesanmu akan fokus berada di depan dan terpusat. Foto profilmu, bagaimanapun juga, merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh orang lain saat membuka profilmu.

Jika foto profilnya saja sudah tidak menarik, kemungkinan mereka juga tidak akan tertarik untuk melihat kontenmu dan klik tombol follow. Buat foto profilmu sebaik kamu membuat pesan kontennya, namun juga optimasikan sesuai platformnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *