8 Cara Mudah Melakukan Usability Test Website

usability testing

Usability tests sangat berguna ketika merancang sebuah website. Ini adalah kunci untuk menciptakan user experience yang baik dan navigasi website yang mudah.

Ini adalah metode yang luar biasa karena menggunakan pengguna potensial sebagai subjek untuk menguji bagaimana pengguna yang sebenarnya akan berinteraksi dengan website, memberikan masukan langsung yang akan membuktikan pentingnya produk akhir.

Ada beberapa aturan tertentu dan langkah-langkah yang harus diikuti untuk memastikan bahwa hasil yang kita dapatkan valid dan bisa digunakan untuk membuat desain website yang lebih baik. Berikut adalah 10 tips mudah bagaimana melakukan usability test website.

1. Menyadari apa yang kita uji

Sebagian besar yang membuat test efisien adalah mengajukan pertanyaan yang benar, dan kita bisa mengajukan pertanyaan yang tepat dengan mengetahui jenis informasi tertentu apa yang akan dihasilkan dari test. Ketika melakukan usability tests, informasi yang akan didapatkan adalah tentang seberapa efisien desain web kita. Pertanyaan yang harus kita ajukan adalah harus berkaitan dengan bagaimana kemudahan seseorang menggunakan website.

Misal, contoh pertanyaan yang tepat untuk usability test adalah “Apakah mudah untuk menemukan informasi produk yang Anda cari?” atau “Apakah Anda mengalami kesulitan dalam melakukan proses checkout?”.

2. Buat suasana yang nyaman

Dalam rangka untuk mendapatkan hasil yang valid dari usability test, pengguna perlu memeriksa website dalam kondisi senyaman mungkin di lingkungan sekitar. Misalnya, mereka bisa mencobanya di rumah atau di tempat kerja, dimana pun mereka merasa lebih nyaman.

3. Libatkan semua tim

Dalam usability test, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita harus melibatkan semua tim yang ada untuk menafsirkan hasil test yang didapat. Untuk melakukan hal ini, kita harus mendorong semua tim untuk mengambil bagian dalam usability test.

4. Berikan pengguna sedikit kebebasan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita harus membuat pengguna merasa nyaman untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan batasi kebebasan pengguna dalam berinteraksi dengan website kita. Biarkan pengguna menemukan jalan mereka sendiri karena hal itu adalah data berharga yang kita kumpulkan.

5. Ketahui target audiens kita

Saat melakukan testing, kita harus tahu tipe orang seperti apa saja yang akan menggunakan website.

Tujuan dari test ini adalah memastikan bahwa target pengguna kita bisa menavigasi dengan mudah. Sebelum memilih test group, tanyakan pada diri sendiri “Apa yang membuat seorang pengguna berperilaku berbeda dari yang lain?”

6. Sesuaikan task untuk setiap pengguna

Ini berkaitan dengan bagaimana kita menyajikan task ke pengguna. Setiap anggota dari test group dan orang yang berbeda, akan menghasilkan reaksi yang berbeda untuk hal yang berbeda juga.

Itulah mengapa lebih baik mengambil beberapa waktu di awal test untuk mengenal mereka lebih dekat, sehingga kita bisa menyesuaikan skenario yang tepat untuk masing-masing individu.

7. Gunakan respon interview di laporan akhir

Untuk menekankan fakta bahwa setiap anggota test group adalah individu dan pengguna potensial dari website, kita harus menyertakan respon interview pengguna dalam laporan. Ini bahkan menyediakan lebih banyak data penting bagi development team untuk melakukan perubahan desain yang lebih mendalam.

8. Sertakan situs lain dalam pengujian

Untuk mendapatkan data yang benar-benar bagus, kita perlu melihat bagaimana peserta berinteraksi dengan situs-situs lain.

Pada awal pengujian, minta mereka untuk menunjukkan beberapa situs yang membuat mereka menghabiskan waktu disana, sehingga kita bisa menambahkan beberapa situs setara atau pesaing lainnya untuk diuji. Dengan cara ini, kita bisa melihat bagaimana pola dan perilaku mereka, dan apa saja yang membuat website tertentu menarik bagi mereka.

Itulah 8 cara mudah bagaimana melakukan usability test pada sebuah website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *