5 Tips Memahami Metrik Di Sosial Media

Social media communication

Memahami tentang metrik di sosial media adalah hal penting yang perlu dilakukan. Metrik dibagi menjadi empat kategori yaitu metrik konsumtif, metrik berbagi, metrik lead, dan metrik penjualan. Metrik konsumtif menunjukkan berapa banyak waktu untuk melihat, mengunduh, atau mendengarkan konten Anda. Metrik berbagi menunjukkan berapa kali tweet, email, atau postingan konten Anda. Metrik lead menunjukkan seberapa sering konten Anda menghasilkan lead. Terakhir, metrik penjualan menunjukkan seberapa sering Anda mencetak uang dari konten. Metrik dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut tips-tips yang dapat membantu Anda memahami tentang metrik di sosial media.

  1. Kualitas Konten

Selain memeriksa apakah konten Anda mendapatkan banyak retweet dan meningkatkan jumlah pengunjung, Anda juga harus memeriksa gambaran keseluruhan. Untuk website atau blog, lihatlah tentang tampilan halaman yang unik, waktu saat mengunjungi halaman, dan total pengunjung halaman. Jika tampilan halaman unik maka jangkauan Anda terus bertumbuh, jika waktu saat mengunjungi halaman lama berarti konten Anda cukup menarik, dan jika total pengunjung halaman lebih besar berarti orang-orang senang dan sering mengunjungi situs Anda.

  1. Memahami Traffic

Gunakan Google Analytics untuk melihat seberapa banyak traffic Anda yang berasal dari Twitter, Facebook, Instagram, atau saluran sosial media lainnya. Untuk membuat metrik ini bekerja dalam bisnis Anda, tetapkan tujuan dimana angka-angka traffic ini lebih berkembang di masa depan.

  1. Jumlah Interaksi

Selain melihat tingkat keterlibatan yang dipengaruhi dari iklan berbayar seperti di Facebook, pemasar juga perlu melihat tentang total tingkat interaksi. Anda dapat menghubungkan informasi ini dengan kunjungan situs untuk melihat bagaimama interaksi bisnis Anda dengan mereka.

  1. Tingkat Konversi

Gunakan Google Analytics untuk mengetahui tentang tingkat konversi. Anda dapat melihat dari mana lead Anda berasal dari masing-masing akun sosial media. Selanjutnya, Anda dapat melihat tingkat konversi berdasarkan lead tersebut. Anda juga dapat menggunakan ini untuk kampanye email dan newsletter.

  1. Share of Voice

Share of voice merupakan salah satu pengukuran paling umum yang digunakan untuk mengukur kinerja di sosial media. SocialMention adalah perangkat gratis yang dapat digunakan untuk melakukannya. Cara mengukur share of voice yaitu dengan membagi jumlah percakapan atau mention mengenai bisnis Anda dengan jumlah total percakapan bisnis di pasar Anda. Anda juga dapat membagi percakapan ini dari beberapa sosial media untuk melihat mana yang perlu Anda perbaiki.

Perlu diingat bahwa beberapa metrik seperti tampilan halaman dan download adalah metrik yang rumit. Mereka membuat Anda merasa lebih baik tentang pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi tidak dapat membantu Anda membuat keputusan. Berhati-hati dalam memahami metrik di sosial media adalah cara terbaik untuk berbisnis secara online. Gunakan alat-alat yang dapat membantu Anda memahaminya dan kembangkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *