5 Aspek yang Harus Diperhatikan dalam Pemilihan Gambar untuk Sebuah Website

Picture Source : Google.com

Picture Source : Google.com

Gambar adalah bagian penting dari sebuah website. Pemilihan gambar yang tepat pada sebuah website dapat menarik perhatian pengunjung, memberikan informasi, bahkan bisa mempengaruhi pengunjung untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Menyampaikan informasi menggunakan gambar terkadang lebih mudah dipahami daripada hanya sebuah tulisan. Bahkan kita dapat menggunakan gambar untuk meningkatkan peringkat Search Engine Optimization (SEO) kita pada mesin pencari.

Menggunakan gambar yang kurang tepat tentu akan dapat membingungkan, mengganggu, dan bahkan mendorong pengunjung untuk pergi. Karena hal ini dapat memberikan pengunjung kesan negatif dari bisnis Anda, maka Anda harus benar-benar berhati-hati ketika memilih sebuah gambar untuk website Anda. Dalam artikel ini, kami telah merangkum lima aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan gambar untuk sebuah website yang dapat membuat Anda menjadi lebih mudah dalam menentukan gambar yang terbaik.

  1. Keunikan

Anda hanya memiliki momen beberapa detik untuk menarik perhatian pengunjung. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan gambar dengan kualitas tinggi dan eye-catching untuk menarik perhatian pengunjung dan mengarahkan mereka untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan. Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan jika Anda hanya terus menerus menggunakan stok gambar lama yang sudah terlalu sering digunakan oleh orang lain. Namun tidak serta merta Anda juga harus selalu menggunakan gambar terbaru. Yang terpenting adalah Anda harus memastikan gambar yang Anda gunakan bersifat unik dan bisa menyentuh sisi emosional pengunjung.

  1. Kualitas

Menggunakan gambar berkualitas tinggi pada sebuah website adalah suatu keharusan jika ingin menarik pelanggan yang potensial. Jika Anda hanya menggunakan gambar berkualitas rendah, maka pelanggan juga akan menangkap bahwa kualitas bisnis Anda pun masih rendah. Gambar sangat penting terutama jika Anda menjual barang-barang yang sangat bergantung pada penampilan. Menurut pakar social media marketing, Jeff Bullas, di sebuah toko online pelanggan akan berpikir bahwa kualitas gambar produk lebih penting daripada informasi produk yang spesifik (63%), deskripsi yang panjang (54%), serta ulasan terhadap sebuah produk (53% ) itu sendiri.

  1. Dimensi

Pastikan Anda menggunakan gambar dengan dimensi yang tepat untuk website Anda. Misalnya, jika konten suatu website memiliki lebar 600 pixels, Anda tidak perlu menggunakan gambar dengan ukuran yang lebih besar dari 600 pixels, karena konten tetap akan menampilkan hingga 600 pixels saja. Jadi selalu pastikan bahwa dimensi gambar sesuai dengan ukuran suatu konten.

  1. Ukuran file

Ukuran file mengacu pada ukuran gambar pada hard drive atau server dari sebuah website. Meskipun Anda ingin menggunakan gambar dengan kualitas tertinggi, tapi akan lebih baik untuk memperkecil beban ukuran file pada server dan end user. Mengapa? Karena menggunakan foto dengan ukuran lebih besar dari yang diperlukan akan menambah waktu untuk membuka sebuah halaman dan memperlambat kinerja sebuah website. Hal tersbut sangat beresiko memicu pelanggan untuk meninggalkan website Anda.

  1. Relevansi

Setiap bisnis pasti memiliki cerita di baliknya dan memilih gambar yang tepat pada sebuah konten dapat membantu Anda untuk menyampaikannya kepada orang-orang dengan cara yang lebih menarik. Selalu berpikir tentang cerita yang ingin Anda beritahu dan pastikan gambar Anda selalu selaras dengan cerita tersebut. Hal ini berarti bahwa gambar yang Anda gunakan harus relevan dengan konten pada halaman tersebut, serta konsisten dengan merek bisnis Anda. Gambar yang relevan harus meliputi aspek-aspek seperti mampu menarik target audiens Anda, mewakili karakter bisnis serta pelanggan Anda, dan mampu melengkapi konten dan desain dari keseluruhan halaman pada sebuah website.

Gambar pada sebuah website dapat menjadi sebuah ‘senjata rahasia’ terbesar Anda selama Anda mampu menggunakannya dengan tepat. Gambar mampu menceritakan kisah bisnis Anda tanpa perlu berkutat dengan sebuah tulisan yang panjang. Kami berharap dengan artikel ini akan mampu membuat Anda menemukan gambar yang tepat untuk website Anda dengan lebih mudah sehingga akan meningkatkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *