10 Tips Dahsyat Membuat Website untuk Bisnis Kecil

website

Saat ini, membuat sebuah website bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, ada banyak tools dan platform yang bisa kita gunakan untuk membuat website seperti yang kita inginkan. Tapi, untuk membuat yang baik ada banyak hal yang harus kita perhatikan.

Jadi, sebelum memulai pengembangan web, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan dan memahami siapa target audiens kita. Siapa yang akan mengunjungi website kita? Apa yang mereka cari? Pastikan ketika merancang sebuah website, itu harus bisa mencerminkan merek dan style kita, juga pelanggan kita. Ciri sebuah website yang baik adalah akan menarik perhatian pembaca serta menyediakan apa yang mereka cari dengan mudah. Berikut adalah 10 tips jitu membuat website untuk bisnis kecil.

1. Informasi yang jelas

Sebuah website yang baik akan menggambarkan siapa kita dan apa yang kita lakukan, pembaca harus dapat mengidentifikasi apakah mereka berada di tempat yang tepat hanya dalam hitungan detik.

2. Terorganisir

Salah satu karakteristik dari desain web profesional adalah struktur yang rapi dan terorganisir dengan baik. Ketika kita merancang sebuah website, pastikan halaman tidak berantakan untuk memastikan bahwa informasi mudah diakses dan user-friendly.

3. Navigasi jelas

Apakah kamu pernah menemukan website dengan sistem navigasi yang membingungkan atau tidak jelas? Itu mungkin akan sangat menjengkelkan. Website yang baik selalu menawarkan navigasi yang sederhana dan intuitif. Ketika kita merancang website, pastikan bahwa pengunjung akan dapat menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan mudah. Jika pengunjung harus mengklik beberapa kali untuk memahami isi website, mungkin mereka akan merasa frustasi dan meninggalkan website kita.

4. Mobile friendly

Saat ini, semakin banyak orang menggunakan ponsel/smartphone mereka untuk mengakses internet. Ketika kita membangun sebuah website, penting untuk memastikan bahwa website bisa diakses dari berbagai perangkat. Elemen-elemen seperti flash banner, animasi, dan pop-up dapat mengganggu pengalaman pengguna saat browsing dari perangkat mobile.

5. Konten berkualitas

Ketika membuat sebuah website untuk bisnis kecil faktor yang sangat penting adalah menyediakan konten yang berkualitas. Website yang baik akan fokus pada kebutuhan pembaca dengan menyediakan konten orisinil dan berkualitas yang memiliki nilai. Konten yang baik akan menarik pengunjung dan membuat mereka ingin kembali membacanya lagi.

6. Cepat

Salah satu hal penting yang harus diingat ketika membangun sebuah website adalah kecepatan loading website! Pastikan penggunaan semua grafis dan gambar telah dioptimalkan untuk website, sehingga website bisa di-load lebih cepat. Jika kecepatan website lambat, mungkin pengunjung akan merasa frustasi dan segera meninggalkan website.

7. Code rapi

Ketika kita berpikir tentang desain web untuk bisnis kecil, mungkin kita ingin memberikan perhatian khusus pada code. Code yang berantakan akan merugikan peringkat website kita di mesin pencari, selain itu juga menimbulkan masalah kompabilitas browser yang tidak hanya mempengaruhi pengalaman pengguna, tetapi juga membuat tampilan bisnis kita tidak profesional. Untuk memeriksa code website, kita bisa menggunakan W3C Markup Validation Service.

8. Mudah dibaca

Rata-rata pengunjung website biasanya tidak selalu membaca semua konten pada website kita. Untuk alasan inilah, kita harus memastikan bahwa situs kita mudah dibaca. Ukuran font, style dan kontras warna dengan background harus selalu diperhatikan. Font yang sangat kecil atau font gelap pada background gelap bisa membuat penunjung kesulitan untuk membaca konten kita.

9. Desain yang bagus

Ketika kita membuat sebuah website untuk bisnis, kita harus menyertakan fitur modern dan menarik untuk membuatnya lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Sebuah website yang bagus adalah yang memiliki visual menarik.

10. CTA yang jelas

Sebuah Call-to-Action (CTA) merupakan elemen penting ketika membangun sebuah website bisnis kecil. Kita harus memastikan untuk mengarahkan pembaca ke langkah selanjutnya. Frase seperti Hubungki Kami, Beli Sekarang, Pelajari lebih lanjut adalah beberapa contoh CTA yang bisa mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan. Penting untuk diingat, tujuan dari sebuah website adalah untuk mebuat pelanggan untuk menjadi raja.

Membuat website untuk bisnis kecil memang akan menjadi pekerjaan yang memakan banyak waktu. Tapi, kita tidak perlu khawatir karena ada banyak sumber daya yang besar dan tools yang tersedia untuk memabntu kita membangun sebuah website untuk bisnis kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *