10 Alasan Bisnismu Perlu Web Hosting Terbaik

web hosting terbaik

Jika kita ingin memulai sebuah bisnis atau bisnis kita mulai tumbuh dan kita sedang membangun kehadiran online, maka kita perlu mempertimbangkan web hosting yang bagus. Bagaimanapun juga, memiliki website bisnis melibatkan lebih dari sekedar membangun sebuah situs. Kita memerlukan nama domain yang sesuai dan web hosting yang tepat.

Ada beberapa alasan mengapa kita PERLU web hosting terbaik untuk bisnis, berikut 1o alasannya.

1. Uptime dan keandalan

Sebuah website bisnis yang baik harus selalu online dan memiliki uptime setidaknya 99%. Jika web hosting kita tidak dapat diandalkan dan sering crash yang menyebabkan website down, ini jelas akan berdampak negatif pada bisnis kita. Klien dan pelanggan potensial harus menemukan kita di web, seperti halnya mesin pencari. Downtime dapat memberikan efek negatif pada peringkat hasil pencarian, selain itu dapat mempengaruhi penjualan. Oleh karena itu, memiliki web hosting terbaik dan handal merupakan syarat mutlak.

2. Kecepatan

Hosting yang baik memiliki koneksi yang stabil dan cepat, sehingga dapat membantu untuk memuat website menjadi lebih cepat. Hal ini sangat penting bagi pelanggan dan mesin pencari. Website yang lambat akan membuat pelanggan meninggalkan website kita dan juga dapat menyebabkan peringkat website menjadi turun. Web hosting yang berkualitas dan desain website yang dirancang dengan baik akan memastikan website menjadi cepat.

3. Keamanan

Situs yang tidak aman sangat rawan terhadap berbagai jenis serangan, termasuk penggunaan kode berbahaya seperti virus dan Trojan yang di instal pada komputer pelanggan. Jika hal itu terjadi, situs tersebut akan cepat di blacklist oleh Google dan mesin pencari lainnya. Ini berarti situs tidak hanya akan turun dari peringkat hasil pencarian, tetapi juga akan dikenakan peringatan dan himbauan agar orang tidak mengunjungi situs tersebut. Keamanan server yang tinggi dapat meminimalisir terjadinya serangan yang dilakukan oleh hacker dan spammer.

4. Kapasitas penyimpanan

Hosting yang baik selalu menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup untuk kebutuhan bisnis kita. Website membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan semua data, termasuk gambar, video, audio, database dan masih banyak lagi. Misalnya, beberapa situs e-commerce besar biasanya membutuhkan jauh lebih banyak ruang penyimpanan daripada website pribadi/perusahaan.

5. Perlindungan Anti-Spam/Anti-Virus

Setiap website bisnis membutuhkan perlindungan. Web hosting yang berkualitas harus menawarkan perlindungan yang solid dari virus, trojan, dan bahaya digital lainnya.

6. Email perusahaan

Jika kita menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis kecil dengan segala macam kehadiran online, kita membutuhkan sebuah alamat email profesional. Menggunakan hotmail pribadi, akun gmail atau yahoo tidak menampilkan sebuah citra bisnis yang baik. Sebagian besar perusahaan telah menggunakan email kustom untuk akun email bisnis mereka. Misalnya, sales@namaperusahaan.com, support@namaperusahaan.com, info@namaperusahaan.com. Web hosting yang berkualitas memiliki fitur email kustom yang memungkinkan untuk membuat banyak alamat email untuk bisnis kita.

7. Control Panel mudah digunakan

Ketika kita membayar untuk sebuah web hosting, kita berharap untuk memiliki kontrol penuh. Web hosting terbaik harus memiliki control panel yang user friendly yang memudahkan kita untuk mengelola hosting tanpa harus memiliki banyak pengetahuan atau pemahaman teknis. Misalnya pengaturan alamat email bisnis, akses ke statistik website, upload dan mengelola file, dan masih banyak lagi.

8. Backup otomatis

Apa yang terjadi jika terjadi masalah dan tiba-tiba websitemu hilang? Penjualan akan menurun dan mungkin kita harus mengeluarkan biaya lagi untuk membangun kembali website. Sama seperti menggunakan PC, kita harus melakukan backup website secara berkala untuk menghindari jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Backup otomatis adalah solusi yang harus ada untuk melindungi bisnis kita tetap aman.

9. Subdomain

Salah satu hal yang direkomendasikan oleh para pakar SEO di luar sana adalah penggunaan subdomain. Kita mungkin ingin membuat sebuah blog, forum, knowledgebase, support center atau elemen lainnya yang terpisah dari situs utama, tapi tanpa menggunakan nama domain yang berbeda. Di sinilah subdomain diperlukan, dengan subdomain kita bisa membuat alamat menggunakan nama domain utama. Misalnya, blog.infowordpress.my.id. Web hosting berkualitas biasanya menyediakan pilihan berapa jumlah subdomain yang dapat kita buat.

10. Peace of mind

Hal yang paling penting dari sebuah web hosting adalah harus sesuai dengan apa yang kita kebutuhan. Pastikan bahwa kita memiliki kontrol penuh, aman, dan website berjalan sebagaimana mestinya. Itulah sebabnya paket web hosting terbaik harus mencakup semua hal ini dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *